11 Foto Ranu Gumbolo Tulungagung, Sejarah, Rute Alamat dan Harga Tiket Masuk | Satu Wisata

11 Foto Ranu Gumbolo Tulungagung, Sejarah, Rute Alamat dan Harga Tiket Masuk | Satu Wisata

Salah satu kabupaten di Jawa Timur yaitu Tulungagung juga punya banyak spot wisata yang seru dan layak untuk di kunjungi, jika kamu sudah mengujungi Pantai Ngalur pastinya kamu tidak akan melewatkan wisata hits ini juga kan?


Yap... Ranu Gumbolo di Tulungagung, spot wisata alam yang hits banget ini juga masuk di salah satu wisata pilihan warga Tulungagung yang harus kamu kunjungi saat berkunjung ke salah satu kota yang terkenal dengan penghasil marmer terbesar di Indonesia ini guys.


Ranu Gumbolo Tulungagung



Spot Rumah Pohon
pict by @dolantulungagung


Nah buat yang belum tahu nih mengenai Ranu Gumbolo merupakan sebuah spot wisata alam dengan lanskap Danau Ranu Gumbolo yang mana di sisi danau kamu akan di temani dengan rindangnya pohon - pohon yang akan membuat udara semakin sejuk.

Selain panorama danaunya jika kamu hobi berfoto ria di Ranu Gumbolo mempunyai spot foto andalan di sini loh yaitu sebuah rumah pohon yang letaknya berada di sisi danau, banyak pengunjung yang menjadikan spot rumah pohon ini jadi pilihan favorit berselfie ria jadi jangan heran jika kamu melihat banyak mengantri untuk naik ke atas pohon.


Spot Camping Ranu Gumbolo
pict by @rovitaarumii


Oyaa sedikit info nih guys ada beberapa orang yang mengatakan Ranu Gumbolo ini mirip dengan Ranu Kumbolo yang berada di lereng Gunung Semeru, Ranu Kumbolo sendiri merupakan sebuah jalur pendakian yang lokasinya berada di perbatasan antara Kota Malang dengan Lumajang yang mana menampilkan pesona danau yang cantik di lereng Gunung Semeru.

Sama - sama menampilkan panorama danau yang indah namun di Ranu Gumbolo Tulungagung juga tak kalah cantik, karena mungkin kemiripinannya jadi banyak yang mengatakan Ranu Gumbolo merupakan Ranu Kumbolo-nya Tulungagung.


Foto Danau Ranu Gumbolo
pict by @amar_mboiss


Sejarah Ranu Gumbolo Tulungagung



Papan Ranu Gumbolo
pict by @fuad_rizl


Entah di mana pun tempatnya jika di indonesia sebuah tempat pasti akan memiliki sejarah mitos ataupun misteri yang terkait dengan tempat tersebut begitu pun juga dengan Ranu Gumbolo di Tulungagung ini.

Sejarah mengenai Ranu Gumbolo sendiri belum begitu jelas namun terlepas dari semua itu ada hal menarik dari penamaan danau ini, yang mana kata Ranu yang berarti "Danau" dan Gumbolo yang berarti "Berkumpul" mungkin jika secara kasar di satukan menjadi tempat air berkumpul.

Melihat dari suasana lokasinya yang berada di bawah pegunungan mungkin penamaan tempat berkumpulnya air bisa agak mirip guys hehe...


Apa Saja Yang Bisa Kamu Lakukan Di Ranu Gumbolo Tulungagung



Spot Rumah Pohon Ranu Gumbolo
pict by @jalanjalantulungagung


Pemandangan di Ranu Gumbolo memang sangat kece banget guys dan juga udara yang terasa begitu sejuk dan suasana yang asri bakal kamu dapatkan saat berada di sini, selain itu juga terdapat spot selfie rumah pohon yang instagramable yang keren juga menjadi daya tarik tersendiri namun sayang banget jika kamu berkunjung hanya untuk itu - itu saja masih banyak lainnya yang bisa kamu lakukan saat di Ranu Gumbolo kok seperti :


Berkeliling Di Sekitaran Ranu Gumbolo



Spot Ranu Gumbolo
pict by @citrageboy


Berkunjung ke suatu tempat tanpa melihat sekitar tak akan lengkap rasanya guys hehe, buat kamu yang hobi berjalan kaki mungkin berkunjung ke Ranu Gumbolo bisa jadi pilihan menarik.

Kamu tidak usah khawatir akan bosen saat di sini karena kamu saat kamu berkeliling kamu akan di kelilingi pohon - pohon pinus dan juga udara yang menyejukan badan. grrr...


Memancing Ikan



Nah kegiatan yang mengasah kesabaran ini pun bisa kamu coba saat berkunjung ke Ranu Gumbolo, kamu bisa membawa kail pancing dan mencoba memancing di danau ini, Tidak usah khawatir ada ikannya atau tidak karena lokasi Danau berada dekat dengan Waduk Wonorejo dan juga kamu pasti akan menjumpai warga sekitar yang juga memancing di sini.


Piknik Di Ranu Gumbolo



Spot Piknik dan Camping
pict by @rovitaarumii


Karena lokasinya yang nyaman banget dan juga suasana yang asri bercamping juga pilihan bagus guys, untuk melakukannya pun sepertinya kamu tidak perlu ijin khusus ataupun membayar biaya camping, jadi siapin bekal yang cukup guys hehe...


Bermain Flying Fox



Nah di Ranu Gumbolo ada penambahan wahana baru yaitu Flyingin Fox yang bisa kamu coba guys, untuk biayanya cukup murah yaitu hanya 10 ribu saja guys. Panjang lintasan sekitar 150 meter jadi lumayan lah untuk melihat pemandangan dan juga mendapat keseruan hehe...


Bermain Sepeda Air



Spot Sepeda Air
pict by @nisanurt


Suka bermain air? di Ranu Gumbolo menyediakan sepeda air yang bisa kita goes guys hehe, dengan biaya menyewa sekitar 8 ribu kita bisa bermain sepuasnya di sini. ada beberapa model sepeda air yang salah satunya berbentuk seperti becak goes dengan 2 kursi dan satunya berisi 4 kursi.


Bergelantungan Dengan Hammock



Buat yang ingin bersantai ataupun tiduran kamu bisa menyewa hammock yang di sediakan di sini, untuk biayanya sangat terjangkau kok hanya 5 ribu saja. jarak antara pohon yang berdekatan membuat enak buat di jadikan tempat bersantai dengan hammock.


Berkunjung ke Bendungan Wonorejo



Seperti yang saya tulis di atas guys wisata Ranu Gumbolo tidak jauh dari Waduk Wonorejo yang juga merupakan spot wisata di Tulungagung ini, Mungkin hanya perjalanan 10 menit kamu sudah sampai di sini.


Lokasi Ranu Gumbolo Tulungagung



Spot Sunset Ranu Gumbolo
pict by @mbolangjatim


Sudah membahas yang seru - seru kini saatnya membahas alamat Ranu Gumbolo-nya guys, buat kamu yang berencana berkunjung alamatnya berada di Bantengan, Desa Mulyosari, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur lokasinya berdekatan dengan Waduk Wonorejo jadi jika kamu pernah berkunjung ke Waduk Wonorejo saya yakin kamu tidak akan kesulitan.


Rute ke Ranu Gumbolo Tulungagung



Masalah yang harus kamu hadapi saat ingin ke Ranu Gumbolo adalah kurangnya transportasi khusus yang akan mengantarkan kamu sampai ke spot wisata jadi kamu harus menggunakan kendaraan pribadi, ada beberapa rute arah untuk menuju ke Ranu Gumbolo.


1. Arah Kediri



Dari Arah kediri kamu arahkan saja ke arah Ngadiluwih yang melewati Jalan Raya Ngadiluwih lalu Jalan Raya Kras lalu Jalan Raya Ngantru hingga kamu melewati Jembatan Ngujang dan teruskan perjalanan hingga sampai lampu merah pertama setelah jembatan.

Tepat di lampu merah kamu akan berjumpa belokan di sebelah kanan pilih belok kanan dan lurus saja dan ikuti jalan Trunojoyo hingga sampai di lampu merah nah lalu belok kiri tepat di lampu merah tersebut dan lanjutkan perjalanan yang melewati Jalan Raya Sembon - Bungur - Jatimulyo - Kelud.

Kamu nanti akan bertemu lampu merah kembali dan pilihlah belok kanan yang ke Jalan Wilis. ikuti jalan hingga kamu melewati Waterpark Jambooland lalu jalan Pagerwojo hingga bertemu pertigaan jalan Waduk Wonorejo pilih belok kiri.

Nah Ranu Gumbolo sudah sangat dekat tinggal ikuti jalan setelah beberapa saat kamu akan sampai di SDN 02 Mulyosari belok kanan, jalan memang kurang begitu bagus namun kamu tidak salah kok.


2. Arah Blitar



Buat kamu yang berasal dari arah blitar pilihlah jalan yang menuju ke Togogan dan masuk ke Jalan Raya Kolomayan Wonodadi. ikuti jalan hingga kamu kamu sampai di Ngantru hingga Srengat dan lurus saja hingga bertemu pertigaan dan belok kiri yang melewati jalan Jembatan Ngujang dan ikuti jalan yang sama seperti di atas.

Buat kamu yang bingung bisa menggunakan peta supaya lebih mudah guys.




Harga Tiket Masuk Ranu Gumbolo Tulungagung



Foto Harga Tiket Ranu Gumbolo


Buat harga tiket masuk murah banget kok guys dan pastinya terjangkau, kamu hanya di bebankan biaya sebesar Rp. 5.000 saja pada hari biasa dan Rp. 8.000 pada liburan. dan untuk biaya parkir hanya sebesar Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Jam buka Ranu Gumbolo Tulungagung mulai dari jam 06.30 hingga 17.30


Fasilitas Ranu Gumbolo Tulungagung



  • Area Parkir
  • Mushola
  • Toilet
  • Warung Makan
  • Penyewaan Perahu (Rp. 15.000/jam)
  • Gazebo
  • Penyewaan Hammock (Rp. 5.000)


Tips Berwisata ke Ranu Gumbolo Tulungagung



Spot Rumah Pohon Hits
pict by @dolantulungagung


Supaya berwisata ke Ranu Gumbolo lebih menyenangkan dan sesuai rencana mungkin ada beberapa hal yang harus kamu ketahui guys, beberapa tips mungkin berguna buat kamu guys.


  • Usahakan datang ke Ranu Gumbolo di pagi hari guys dan bukan pada akhir pekan ataupun liburan karena di sini akan sangat ramai banget loh bahkan pada haru biasapun bisa ramai jika pada sore hari.
  • Jika ingin berencana Camping bawalah tikar sendiri karena di sini tidak ada jasa penyewaan tikar hanya ada penyewaan Hammock.
  • sudah saya jelaskan pada bagian rute jika datang ke sini enaknya memakai kendaran pribadi guys walau jalan ada beberapa yang kurang mulus namun sebagian besar udah bagus kok dan area parkir aman juga.
  • Kalau kamu lupa bawa makanan sendiri tenang saja ada warung kok yang menyediakan makanan yang lokasinya berada di dekat area parkir.
  • Nah salah satu yang penting nih jika sudah selesai bercamping rapikan tempat dan bersihkan dari sampah - sampah kalau bisa bawa pulang dan buang di tempat sampah.


Sudah siap meluncur ke Ranu Gumbolo Tulungagung?

loading...

Tidak ada komentar