11 Gambar Coban Talun Malang, Harga Tiket Masuk, Alamat dan Rute | Satu Wisata

11 Gambar Coban Talun Malang, Harga Tiket Masuk, Alamat dan Rute | Satu Wisata

Siapa yang tidak kenal dengan Kota Batu Malang yang berada di Jawa Timur ini, Kota yang terkenal dengan sebutan kota Apel ini memang namanya sudah tidak asing lagi apalagi dalam dunia pariwisatanya. Banyak wisata bermunculan dari Malang seperti Coban Bidadari dan Taman Langit Gunung Banyak yang pastinya hits banget di kalangan wisatawan.

Nah namun ternyata masih ada spot wisata seru yang belum kita bahas guys yaitu Coban Talun yang berlokasi di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Batu Malang yang jaraknya cukup dekat dari kota Batu mungkin sekitar 10 menit perjalanan. Nah dari pada bikin penasaran mending kita bahas bersama yuk?


Indahnya Coban Talun



Spot Air Terjun Coban Talun
pict by @hamdi_darul


Coban Talun sebuah tujuan wisata di kota Malang yang lokasinya tepat di Desa Tulungrejo, Bumiaji, Malang yang mana di sini terdepat berbagai wahana serta spot foto yang bakalan bikin latar belakang foto kamu makin cantik.

Namun Coban Talun sendiri lebih di kenal wisatawan sebagai spot wisata air terjun walaupun di sini ada wahana lainnya yang tidak kalah bagus untuk di kunjungi, nah untuk air terjunnya sendiri berasal dari aliran sungai Brantas yang mana arusnya cukup besar dan deras loh.


Spot Air Terjun Coban Talun Malang
pict by @dinarhea


Air Terjun Coban Talun mempunyai tinggi sekitar 75 meter dan terletak di atas ketinggian 950 meter di atas permukaan laut, jadi suhu di sini cukup dingin guys mungkin bisa mencapai suhu 18 - 23 derajat jika kamu tidak kuat dingin mungkin bisa membawa baju yang sedikit tebal.

Seperti yang saya katakan sebelumnya guys di sini ada berbagai wahana wisata lainnya guys yang pastinya tidak kalah bagus berikut ada beberapa wisata yang berada di Coban Talun.


Ada Apa Sih Di Coban Talun?



Ada beberapa wahana yang terdapat di Coban Talun Malang ini guys seperti.


1. Pesona Air Terjun Coban Talun



Spot Air Terjun Coban Talun
pict by @mohamad_hafid


Nah sepertinya saya akan menjelaskan sedikit saja, di kawasan Coban Talun kamu pasti akan menemukan Air Terjun setinggi sekitar 75 meter yang aliran airnya berasal dari sungai Brantas. Untuk menuju ke lokasi air terjun kamu perlu berjalan sekitar 1 km dari area parkir dan melewati area hutan pinus, kamu tidak perlu risau akan lelah karena di sepanjang perjalanan kamu akan di temani suara burung yang merdu dan udara yang sejuk.

Air Terjun Coban Talun sendiri sepertinya terbentuk karena proses batuan beku yang di hasilkan dari erupsi vulkanik dari pegunungan sekitar, dan perlu kamu tahu debit air terjun cukup deras loh sekitar 4000 hingga 10000 liter per detik-nya dari ketinggian 30 meternya cukup banyak bukan?.

Karena hal inilah membuat pengelola melarang pengunjung untuk terlalu dekat dengan air terjun karena akan berbahaya, kamu cukup melihat dari kejauhan yang aman saja sudah cukup kok. kamu bisa bersantai ataupun bisa juga berkemah di sini karena biasanya ada yang berkemah di sini juga loh.


2. Berkunjung ke Taman Bunga Coban Talun



Spot Taman Bunga Coban Talun Malang


Jika sudah puas dengan wisata alam air terjunnya kamu bisa berpindah ke lokasi Taman Bunga yang tidak kalah cantik, di taman bunga Coban Talun ini kamu akan menemukan berbagai jenis bunga yang cantik yang sayang jika tidak di abadikan lewat kamera kamu.


Taman Bunga Coban Talun Malang
pict by @yoiki_malang


Karena keindahannya bahkan di sekitar Taman Bunga Coban Talun sering sekali di adakan acara foto pernikahan atau prewedding dan juga pemotretan majalah, ya tidak aneh sih guys karena memang panorama dari taman ini memang sangat cantik.


3. Kunjungi Penginapan Apache Camp



Spot Apache Camp Coban Talun


Kamu tahu suku indian guys? salah satu suku yang mungkin terkenal di dunia ini bisa kamu coba penginapannya guys hehe, tepatnya di Coban Talun kamu bisa mencoba penginapan dengan konsep ala Kampung Indian.

Di Apache Camp kamu bisa menginap, berkeliling serta melihat bagaimana rupa rumah indian yang terkenal itu di Coban Talun, dan buat kamu yang suka berfoto unik di sini juga menyediakan perlengkapan khas suku indian seperti kostum dan juga topi suku indian.

Namun walau begitu sayangnya untuk kamar mandi ada di tempat terpisah jadi jika ingin menggunakan kamar mandi pengunjung harus keluar, dan juga jika terjadi hujan di sekitar Apache Camp akan sedikit terasa licin.


4. Rumah Pagupon Coban Talun



Spot Rumah Pagupon Coban Talun


Ada satu lagi wahana di sini bertema perumahan selain Apache Camp yaitu Rumah Pagupon yang sangat unik ini. menurut pengelola nama Pagupon sendiri berasal dari bahasa jawa yang berarti sangkar burung merpati.


Spot Rumah Pagupon Coban Talun Malang
pict by @_chisty


Di area ini kamu bisa menyewa tempat untuk menginap dengan nuansa sangkar burung merpati, untuk fasilitas sendiri terdapat 1 kamar tidur dan 1 kamar mandi, dan juga ada kantin, hammock, rumah pohon, dan mushola. patut untuk di coba nih guys hehe...


Jadi mungkin guys bisa di katakan spot wisata Coban Talun merupakan sebuah wisata yang memadukan wisata alam dan wisata buatan yang bisa di nikmati untuk segala usia.


Mitos Yang Berkembang di Coban Talun



Memang keindahan di Coban Talun ini memang tidak perlu di ragukan lagi guys dengan banyaknya wahana seru, panorama alam yang cantik serta udara yang sejuk memang cocok sebagai tujuan wisata hits namun terlepas dari itu semua di Coban Talun sendiri tersebar mitos - mitos loh guys.


Hutan Pinus Coban Talun Malang


Mitos yang berkembang di sini adalah akan di berikan kelanggengan dalam hubungan asmara, nah di Coban Talun sendiri terdapat sebuah spot jembatan yang bernama Jembatan Asmara yang katanya jika ada sepasang kekasih yang lewat bersama akan di berikan kelanggengan dan awet hubungannya guys.

Jembatan dengan lebar kurang lebih 1 meter dan panjang 14 meter ini sebenarnya adalah sebuah jembatan penghubung ke area air terjun yang terbuat dari kayu serta bambu.

Hal ini cukup menarik guys karena jembatan dengan lebar hanya 1 meter saja tentu akan sulit di lewati bersama - sama dan akan bersempit - sempitan. jembatan yang terletak di sini ada 2 jembatan yang terbuat dari kayu dan bambu namun cerita yang beredar adala jembatan kayu.


Spot Taman Bunga Coban Talun


Mitos ini tentu tak lepas dari cerita masyarakat yang berkembang di sekitar, menurut ceritanya dahulu di jembatan inilah Jaya Nalendra pangeran Kediri bertemu dengan Dewi Seruni, Dahulu Jaya Nalendra sedang bertapa di area Bukit Kalindra yang lokasinya cukup dekat dengan Air Terjun Coban Talun ini.

Pertapaan ini di maksudkan oleh Jaya Nalendra sebagai pencarian jodohnya dan mungkin setelah mendapat wangsit ia berjalan menuju ke utara yang ke arah sungai dekat jembatan dan di sini Jaya Nalendra bertemu seorang gadis yang bernama Dewi Seruni yang merupakan anak dari Ki Ageng Tritih dan akhirnya ia saling jatuh cinta.


Rute ke Lokasi Coban Talun



Lokasi Coban Talun sendiri berada di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Batu, Malang. untuk menuju ke Coban Talun sendiri cukup mudah kok guys kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum dengan mudah.


Transportasi Umum



Buat kamu yang ingin menggunakan transportasi umum kamu bisa gunakan angkutan yang menuju ke Terminal Landungsari lalu di lanjutkan ke Terminal Batu dengan menggunakan bis ataupun angkutan kota biasa.

Turun di terminal lalu di lanjutkan dengan menggunakan angkot orange yang menuju ke Selecta dan Coban Talun, akses menuju langsung ke Coban Talun belum bisa jadi kamu hanya bisa sampai area parkir dan di lanjutkan dengan jalan kaki.


Kendaraan Pribadi



Jika kamu dari arah Surabaya ataupun Mojokerto saat sudah sampai di area Gempol pilihlah jalur yang menuju ke Mojokerto, saat perjalanan kamu akan bertemu pertigaan yang terdapat Tugu Adipura.

Pilihlah ke arah kiri yang ke Jalan Ari Langga lalu lanjutkan perjalanan menuju ke Pacet, mungkin sekitar 40 kilometer lagi kamu akan sampai ke Coban Talun Tidak usah khawatir karena di sepanjang jalan kamu akan melihat papan petunjuk.

Nah jika kamu dari Kota Batu atau dari arah selatan pertama arahkan kendaraan menuju ke pusat kota Batu, kamu akan melihat pertigaan yang hanya satu arah ke kiri. kamu bisa ambil jalur sebelah kanan lalu ke kiri pada pertigaan selanjutnya dan menuju ke arah wisata Museum Angkut, di Museum Angkut ada perempatan kamu pilih belok kanan dan lanjutkan perjalanan menuju ke Coban Talun.


Jika kamu bingung kamu bisa gunakan peta guys supaya perjalanan lebih mudah,




Harga Tiket Masuk Coban Talun



Taman Bunga Coban Talun
pict by @yoiki_malang


Nah buat kamu yang ingin berkunjung kamu perlu tahu harga tiket masuknya nih guys, untuk masuk ke Coban Talun kamu akan di kenakan biaya sebesar Rp. 10.000 saja. Harga tersebut hanya untuk masuk saja ya guys jadi jika kamu ingin ke wahana yang ada di sini kamu perlu membayar lagi.

Oya tentu saja jika kamu ingin menginap ataupun bermalam di sini  tentu akan di kenakan biaya lagi, untuk melakukan kemah ataupun Camping kamu bisa menyewa tempat kamu bisa tanya ke petugas untuk info lengkapnya.

Perlu di ingat jam buka Coban Talun Malang di mulai dari pukul 8 pagi hingga 4 sore bagi kamu yang ingin berkemah memang di ijinkan namun para petugas akan pulang pada jam 5 sore dan pintu gerbang akan di tutup.

loading...

Tidak ada komentar