11 Foto Situ Cileunca, Harga Tiket Masuk, Alamat dan Penginapan Terdekat | Satu Wisata

11 Foto Situ Cileunca, Harga Tiket Masuk, Alamat dan Penginapan Terdekat | Satu Wisata

Nah siapa nih yang suka berwisata ke danau? jika kamu suka banget travelling ke spot wisata danau kayaknya artikel kali ini bakal cocok buat kamu guys pasalnya kali ini kita akan membahas mengenai danau di daerah Bandung yang namanya pasti sudah tidak asing banget, Yapp!!! Situ Cileunca yang berada di Pangalengan, Bandung, Jawa Barat.


Situ Cileunca



Apa yang terpikir oleh kamu jika mendengar kata Bandung Selatan? tidak jauh - jauh pasti akan teringat wisata Kawah Putih ataupun Situ Patenggang, memang benar wisata hits ini menjadi wisata populer dan menyajikan pemandangan yang cantik di daerah Bandung Selatan tapi kayaknya kamu perlu tahu deh wisata lainnya yang tidak kalah indah yaitu Danau Situ Cileunca.


Danau Situ Cileunca


Mengenai Situ Cileunca sendiri yaitu sebuah danau di daerah Pangalengan yang mana memiliki warna air biru cerah yang membuatnya memiliki keindahan tersendiri, selain itu banyaknya pepohonan di sekitar area danau membuat udara di sini sangat sejuk.

Danau yang memiliki luas sekitar 1400 hektare ini juga selain sebagai tempat wisata juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai sumber tenaga pembangkit listrik atau PLTA untuk daerah Bandung Selatan dan sekitarnya oyaa guys katanya tenaga pembangkit listrik ini sudah ada pada jaman belanda loh.


Mitos Situ Cileunca



Sunset Situ Cileunca
pict by @rizki_syafari


Dan menurut sejarahnya sendiri dulu sebelum menjadi situ atau danau Cileunca merupakan sebuah hutan belantara lalu setelah datang orang belanda yang menguasai Jawa Barat khususnya Pangalengan dan melihat adanya potensi sebagai lahan tanam kopi dan teh di desa Warnasari seorang belanda yang menurut ceritanya bernama Kuhlan sedikit bingung karena tidak adanya listrik untuk menikmati hidupnya di Warnasari.

Lalu orang bernama Kuhlan ini memikirkan ide untuk membuat danau yang membuatnya bisa menjadi tenaga listrik, ia pun membabat hutan di desa Warnasari hingga Pulosari dan lalu membendung Sungai Cileunca. 7 Tahun proses pembuatan danau kira - kira dari tahun 1919 - 1926 hingga menjadi danau.


Foto Situ Cileunca


Nah mitos yang beredar di masyarakat sendiri memang cukup tidak masuk di akal karena katanya proses pembuatan tidak memakai alat berat ataupun cangkul namun menggunakan Halu. kalau kamu ingin tahu Halu merupakan sebuah alat menumbuk padi yang biasanya menggunakan kayu yang kuat dan keras.

Jika berkaitan dengan mitos memang susah di pikir menggunakan logika karena tanah seluas 1400 hektare masa hanya menggunakan Halu, jika berfikir realistis mungkin Kuhlan menggunakan sistem kerja Rodi atau memanfaatkan tenaga warga sekitar untuk membangun danau Situ Cileunca ini.


Spot Rumah Adat


Ada Apa di Situ Cileunca?



Rafting dan Outbond



Wahana Rafting Sungai Palayangan
pict by @wkurniawanw


Buat yang suka memacu adrenalin kamu bisa menjajal Rafting saat berkunjung ke Situ Cileunca, Lokasi Rafting berada di sungai Palayangan yang airnya langsung berasal dari Situ Cileunca loh. Nah supaya bisa memainkan Rafting ini kamu harus ikut dalam paket wisata yang di sediakan pengelola.

Kegiatan yang membutuhkan kondisi tubuh prima in memang sangat menyenangkan guys, selain badan akan basah kusup dengan memainkan permainan ini adrenalin kita juga akan di uji.

Untuk memainkan Rafting di Situ Cileunca biaya yang di butuhkan dalam sekali perjalanan sebesar 175 ribu/orang sudah mencakup biaya perahu, keselamatan, P3K, konsumsi, transport, dan pemandu oyaa lupa 1 perahu maksimal 6 orang.

Nah arung jeram di Sungai Palayangan ini termasuk dalam tingkat 4 yang mana kamu akan ber-arung jeram sepanjang 5 kilometer dan waktu perjalanan kurang lebih 90 menit, garis start di mulai dari Situ Cileunca  dan di sepanjang perjalanan kamu akan melewati Jeram Rungkun, Jeram Ice, Jeram Domba, Jeram Blunder yang akan membuat kamu merasakan sensasi menukik ke bawah, Jeram Selamat Datang, dan terakhir Jeram Rodeo.


Jika kamu ikut program paket wisata tertentu kamu juga akan dapat memainkan fasilitas dan wahana lainnya seperti Flying Fox, makan, penginapan, dan lainya.


Camping



Spot Camping
pict by @akung76


Ingin menjajal semua wahana di Situ Cileunca kayaknya 1 hari saja belum cukup deh guys nah untuk itu kamu bisa melakukan kemah atau camping di sekitar pinggiran danau, mencoba merasakan sensasi hidup di alam terbuka akan memberi pengalaman berharga buat kamu.

Untuk peralatan dan kebutuhan bercamping jika kamu tidak mau repot kamu bisa kok menyewa di Citer Camping Ground yang di sini menyediakan peralatan berkemah mulai dari matras, tenda hingga alat memasak. di sini juga fasilitas tambahan lainnya kok seperti kamar mandi dan toilet.


Berlayar di Situ Cileunca



Menjelajah Danau Situ Cileunca


Danau Situ Cilenca di buat di atas ketinggian 1550 meter di atas permukaan laut yang membuatnya memiliki udara yang sejuk dan dingin untuk luasnya sendiri kira - kira 1400 hektare dan memiliki kedalaman danau 17 meter.

Awal tujuan pembuatan danau Situ Cilenca oleh belanda untuk sebagai tenaga pembangkit listrik yang di gunakan untuk pabrik dan dan lainnya namun berjalannya waktu bertransformasi menjadi tempat wisata yang memiliki panorama alam yang cantik.


Foto Sunset Kapal Situ Cileunca
pict by @merdian_sgt


Buat kamu yang ingin mejelajahi danau Situ Cileunca kamu bisa menyewa kapal kayu dengan biaya sewa 75 ribu untuk 10 orang, jadi bisa di hitung 7.500 ribu untuk setiap orang. Buat pecinta fotografi siapin kamera terbaik kamu yang guys soalnya kamu akan mendapat pemandangan yang super sekali hehe...


Berkunjung ke Jembatan Cinta



Spot Jembatan Cinta
pict by @rimanpol13


Satu spot menarik yang berada di Situ Cileunca yaitu Jembatan Cinta, di sebut Jembatan Cinta karena setiap sore di sini akan ada banyak pasangan yang berkunjung. dan ada alasan lainnya karena jembatan ini menghubungkan antara 2 desa jadi banyak pasangan yang terpisahkan dan bertemu di Jembatan Cinta.

Pembangunan Jembatan Cinta oleh pemerintah desa di maksudkan untuk membantu ekonomi antara 2 pulau di Situ Cileunca.


Alamat Situ Cileunca



Situ Cileunca sendiri berlokasi di Desa Wanasari, Kecamatan Pangalengan, Bandung Selatan, Jawa Barat dengan jarak kurang lebih 45 kilometer dari pusat kota Bandung mungkin sekitar 2 jam perjalanan guys, untuk jelasnya kamu bisa lihat peta di bawah ini.




Rute ke Situ Cileunca



Transportasi Umum



Untuk memulainya kamu bisa mulai dari Terminal Leuwi Panjang lalu naik ke elv dari Terminal Leuwi Panjang ke Pangalengan mungkin biaya sekitar 20 ribu-an lalu di lanjutkan dengan angkut.


Kendaraan Pribadi



Untuk singkatnya bisa lihat di bawah ini.



  • Dari tol Baros - Nanjung - Patrol - Cipatik - Soreang - Banjaran lalu ke Cimaung - Pangalengan hingga Situ Cileunca
  • Dari Tol Kopo ambil jalan ke Sayati - Margahayu - Soreang lalu ikuti seperti jalan di atas.
  • Terakhir jika dari Tol Buah Batu pilih ke arah Bojongsoang - Dayeuhkolot - Pangalengan hingga Situ Cileunca.



Harga Tiket Masuk Situ Cileunca



Situ Cileunca
pict by @ucay28


Spot wisata Situ Cileunca buka hampir setiap hari dan 24 jam kamu bisa datang kapanpun guys, namun saran terbaik kamu bisa pergi pada pagi hari karena kamu akan mendapat view cantik dari terbitnya matahari.

Untuk rincian harga tiket kamu bisa lihat di bawah ini :


Karcis Tiket Masuk



Dewasa : Rp. 5.000
Anak - Anak : Rp. 2.500
Mobil : Rp. 4.000
Motor : Rp. 12.000


Outbond



Flying Fox : Rp. 35.000
Archery : Rp. 45.000
Painball : Rp. 90.000
Team Building Games : Rp. 100.000


Makan



Paket Makan : Rp. 30.000
Rebusan/Gorengan : Rp. 15.000


Selain harga tiket umum di atas pengelola juga menyediakan paket Outbond Fun Gathering seperti :


Outbond



Rafting Sungai : Rp. 175.000
Flying Fox : Rp. 35.000
Panahan : Rp. 45.000
Pangelangan Tour : Rp. 300.000
Painball : Rp. 90.000
Team Building : Rp. 100.000


Akomodasi



Camping (7 orang) : Rp. 250.000
Klumpu Hits (3 orang) : 3.200.000


Paket Tambahan



Dokumentasi Foto/CD : Rp. 750.000
Karaoke : Rp. 1.000.000


Paket BBQ



BBQ Sate : Rp. 45.000
Ayam Bakar dan Saus : Rp. 85.000
Kambing Guling : Rp. 2.500.000
Jagung Bakar : Rp. 10.000


Kontak Informasi Situ Cileunca



Dermaga Situ Cileunca
pict by @agus_mirza


Cileunca Lakeside



Alamat Jalan Pinus IV Nomor 31, Cinambo, Bandung.

Email : info@cileuncalakeside.com
Telepon : 022-63722661, 0811-2296-85
Insta : @cileuncalakeside


Outbond Cileunca Adventure



Alamat Jalan Terusan Situ Cileunca, Pangelangan, Bandung.

Email : info@outbond-bandung-cileunca.com
Telepon : 0852-9408-9506, 0878-2320-1808
PIN BBM : 7FA5E978


Penginapan di Dekat Situ Cileunca Pangalengan



Selain adanya tempat Camping juga di sekitar situ Cileunca juga terdapat penginapan yang bisa kamu jadikan referensi jika ingin tinggal dekat Situ Cileunca dengan fasilitas yang lumayan, dan ini dia beberapa penginapan di Situ Cileunca Pangalengan :


1. Group House Cileunca



Group House Cileunca


Salah satu penginapan di sekitar Situ Cileunca yaitu Group House Cileunca mungkin bisa kamu pilih guys, dengan konsep perumahan barak yang memiliki fasilitas yang lumayan seperti ruang meeting, resto, outbond, dan lainnya.

Suasana di sekitar penginapan pun cukup nyaman dengan di kelilingi taman tropi yang cantik dan terasa segar di pandang, untuk penginapan bisa menampung 6 hingga 100 orang tergantung jenis penginapan.

Untuk detail harga :

Bungalow (6 orang) : 
Hari Biasa : Rp. 750.000
Akhir Pekan : Rp. 850.000 
Small Group House (20 orang) : 
Hari Biasa : Rp. 1.100.000
Akhir Pekan : Rp. 1.350.000 
Big Group House (100 orang) : 
Hari Biasa : Rp. 5.500.000
Akhir Pekan : Rp. 6.500.000


Kamu bisa menghubungi nomor berikut jika ingin reservasi ataupun info lebih lanjut,

No. Telp : 085324373672, 081219481708, 087824870963
Email : grouphousecileunca@gmail.com


2. Hotel Damanaka



Hotel Damanaka


Sebuah hotel yang memiliki lokasi yang cukup strategis dan biaya yang cukup lumayan yaitu Hotel Damanaka rekomendasi selanjutnya guys. Hotel ini memiliki 27 kamar yang bisa di gunakan 2 orang per kamar dan juga adanya fasilitas seperti kafe, resto sampai meeting room tersedia di sini.

Hotel yang terletak di Jalan Raya Pangalengan 281 KM 39, Margamulya, Bandung ini seperti pada hotel umumnya yang di bagi pada beberapa tipe seperti Economy, Standart, Deluxe, Superior, dan Suite.

Untuk harganya sendiri :

Economy : Rp. 100.000/malam
Standart : Rp. 150.000/malam
Superior : Rp. 225.000/malam
Deluxe : Rp. 250.000/malam
Suite : Rp. 350.000/malam

Kamu bisa menghubungi nomor berikut untuk reservasi : (022) 5979636.


3. Citere Resort Hotel



Citere Resort Hotel


Salah satu penginapan yang memiliki tempat yang strategis dan cukup dekat dengan beberapa spot yang terkenal seperti Stadion Si Jalak Harupat ataupun Gunung Papandayan dengan jarak kurang lebih 21 kilometer.

Untuk fasilitas pendukungnya sendiri cukup lengkap guys seperti adanya Kolam Renang Outdoor, Wifi, Taman Anak - anak, dan Resto. oyaa dan juga di sini menyediakan paket outbond bagi yang datang berombongan ataupun 1 keluarga.

Dan harga permalamnya sekitar :

Bungalow : Rp. 900.000
Junior Suite : Rp. 450.000
Super Deluxe Room : Rp. 350.000
Deluxe Room : Rp. 325.000
Standart Room : Rp. 275.000

Jika kamu meminta kasur tambahan di sini kenakan biaya sekitar 80 ribu dan jika ada orang tambahan harus membayar 50 ribu. kamu bisa menghubungi kontak berikut : (022) 59794423.


4. Villa Malabar



Villa Malabar


Berlokasi di Agrowisata Malabar, Banjarsari, Pangalengan, Bandung penginapan selanjutnya yaitu Villa Malabar. ada banyak tipe pilihan menginap di Villa Malabar ini mulai dari Guest House, Wisma Melati, dan Rumah Kelapa Kayu selain itu fasilitas pendukungnya pun lumayan sebut saja kamar mandi pribadi hingga dapur bisa kamu dapatkan di sini.


  • Guest House : Untuk tarif permalam pada hari biasa mulai dari 250 ribuan dan pada akhir pekan ataupun hari liburan menjadi 350 ribuan. di sini kamu akan mendapat fasilitas seperti 2 single bed ataupu bisa juga 1 twin bed, kamar mandi juga air panas, dan penghangat ruangan.


  • Wisma Melati : Harga berkisar Rp. 990.000 pada hari biasa dan pada akhir pekan Rp. 1.100.000 namun pada hari liburan akan menjadi Rp. 1.300.000.an. fasilitas yang di dapat mulai dari dapat 4 kamar dan 2 ruang kamar mandi, ruang tengah, dapur.


  • Rumah Kayu Kelapa Sawit : Pada hari biasa di Rumah Kelapa Sawit harga permalam yaitu Rp. 700.000 dan pada akhir pekan ataupun liburan menjadi 850 ribuan permalamnya. kapasitas ruangan bisa mencapai 6 hingga 8 orang dan juga mendapat fasillitas seperti dapur, kamar mandi, ruang tengah.


Fasilitas yang lain di Villa Malabar juga tersedia taman anak, tea walk ke Bukit Gunung Nini ataupun ke Makam Bosscha. Untuk Reservasi bisa menghubungi (021) 7247639, (022) 2501635/2534517.


5. Glamping Cileunca



Glamping Cileunca


Sebuah penginapan yang memiliki view cantik Danau situ Cileunca yaitu Glamping Cileunca bisa kamu piliih selanjutnya guys, lokasinya yang di tengah pulau Situ Cileunca membuatnya memiliki udara dan pemandangan yang jempolan guys. untuk menuju ke penginapan ini kamu harus menggunakan perahu mesin.

Di sini juga terdapat lahan untuk camping dengan kapasitas hingga 100 orang dan juga ada 1 unik rumah lombok kapasitas 5 orang serta adanya 2 gazebo yang muat 100 orang.


6. Villa Imah Hills



Villa Imah Hills


Rekomendasi terakhr yaitu penginapan bernama Villa Imah Hills yang berada di Kampung Coblong Pamoyanan tepatnya di Desa Marga Mekar Pangalengan Bandung.

Sebuah penginapan yang memiliki nuansa seperti rumah sendiri ini cocok untuk di jadikan tempat menginap rombongan kecil ataupun keluarga, kapasitas yang muat hingga 50 orang ini bisa kamu jadikan referensi menginap di dekat Situ Cileunca guys. Fasilitas lain di sini terdapat 4 kamar tidur, 3 kamar mandi serta adanya ruang ramu atau ruang keluarga.


Nah gimana sudah buat rencana berlibur ke Situ Cileunca Pangalengan Bandung?

loading...

Tidak ada komentar