11 Spot Foto Kampung Warna - Warni Jodipan, Rute, Lokasi, dan Harga Tiket | Satu Wisata - Satu Wisata

Tuesday, February 26, 2019

11 Spot Foto Kampung Warna - Warni Jodipan, Rute, Lokasi, dan Harga Tiket | Satu Wisata

Indonesia punya keunikan yang masyarakatnya memiliki ke kreatifan yang tinggi, banyak segala sesuatu di sekitarnya akan menjadi nilai seni yang tinggi bahkan rumah pun bisa di buat kesenian yang bernilai artistik. Nah seperti inilah yang di miliki oleh warga Jodipan, Blimbing, Malang Jawa Timur dengan menjadikan rumah warganya berwarna - warni yang di sebut Kampung Warna - Warni Jodipan.



Kampung Warna - Warni Jodipan



View Keren Kampung Warna - Warni Jodipan


Perkampungan mungkin terkenal dengan suasananya yang cukup padat dan juga masyarakatnya yang sederhana di namun di balik kesederhanaan juga memiliki nilai gotong royong yang tinggi, perkampung Jodipan salah satu kampung di kota Malang yang memiliki keunikan pada rumah di perkampungannya. 

Kenapa di bilang unik karena para warga di sini mewarnai mulai dari dinding hingga atap di warnai dengan berbagai macam warna. Suasana meriah serta artistik bakal kamu lihat dengan sangat cantik, jika kita lihat - lihat maka kamu akan merasa sedang berada di eropa tepatnya di Nyhavn Denmark ataupun Burano Italia yang mana sama berisikan warna perumahannya.



Kerennya Kampung Warna - Warni Jodipan


Nah hal menariknya dari Kampung Warna - Warni Jodipan yaitu kalau kamu hobi banget berfoto ria kamu kayaknya bakalan penuh deh dengan berbagai foto keren dari Kampung Warna - Warni Jodipan, pasalnya di sini banyak banget spot foto keren yang bisa kamu manfaatkan mulai dari berbagai warna dari dinding - dinding rumah, latar belakang dari deretan atas berwarna - warni, ataupun gambar 3 Dimensi yang keren.

Nah selain Kampung Warna - Warni di sini juga ada kembarannya guys yang bernama Kampung Tridi yang mana di sini di gambar banyak sekali gambar - gambar 3D yang sangat cantik, jika kamu melihat ini mungkin kamu akan teringat dengan Kampung 3D Blitar yang mana sama dengan gambar - gambar 3 Dimensi di tiap - tiap sudut kampung. 



Rumah Unik Kampung Jodipan


Untuk awal mulanya dulu saat kamu ingin pergi ke Kampung Tridi kamu harus memillih jalan memutar dan melewati puluhan anak tangga dan perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan namun sekarang kamu akan semakin mudah karena di sini sudah di bangun Jembatan Kaca yang menghubungkan kedua kampung ini. 

Mengenai Jembatan Kaca ini menurut pembangunannya merupakan jembatan kaca pertama yang ada di indonesia yang resmi di buka oleh pemerintah Kota Malang pada tanggal 9 Oktober 2017 kemarin.

Pada peresmiannya Jembatan kaca di hadiri langsung oleh Walikota Malang Bapak Mochamad Anton, Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Fauzan, dan juga oleh Vice President PT Inti Daya Guna aneka Warna (Indiana) Steven Antonius Sugiharto.



Sudut Keren Kampung Jodipan


Untuk desain konstruksi dari jembatan ini di buat oleh Mahasiswa Teknik Sipil UMM yaitu Khoirul dan Mahatma Aji yang di bimbing oleh Ir. Lukito Prasetyo, kedua mahasiswa ini merupakan salah satu mahasiswa yang berprestasi yang mana pernah menjadi Juara Umum Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia pada tahun 2015 kemarin.

Pembangunan jembatan di lakukan tepat pada tanggal 8 Juni 2017 hingga selesai pada tanggal 25 desember 2017 untuk fasilitas bangunan di fasilitasi oleh PT Indana yang merupakan perusahaan cat asal malang.

Kekuatan jembatan kaca mampu menampung maksimal 50 orang dan beban 250 kg, panjang jembatannya sendiri mempunyai panjang 25 meter dan lebar 1,25 meter dan ketinggiannya 9,5 meter jembatan bisa di lalui 2 orang berpapasan.



Kampung Jodipan/Kampung Arema



Sejarah Kampung Warna - Warni Jodipan




Selfie Corner Kampung Jodipan


Nah sebelum menjadi spot wisata yang keren ini siapa yang menyangka kalau dulu kampung ini merupakan perkampungan yang kumuh dan jauh dari kata instagramable, Pada awal di lakukan pengecatan ini merupakan sebuah inisiatif yang muncul dari Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM yang tergabung dalam kelompok Guyspro. 

Salah satu koordinator GaysPro yaitu Nabila Firdausiyah mengaku ingin merubah pola pikir masyakarat yang sering membuang sampah sembarangan ke sungai, dan permilihan Kampung Jodipan karena memiliki view yang cukup indah dan bagus.

Awal pengecatan di lakukan juga agar rumah - rumah sekitaran sungai Brantas tidak terlihat 'kusam' dan di harapkan warga menjadi lebih peduli pada kebersihan lingkungan, salah satu ide ini di sampaikan kepada Soni yang di teruskan ke tokoh masyarakat agar mendapat persetujuan. 

Kurang lebih 107 rumah di warna dengan 17 warna dan di gambar dengan lukisan mural, pengecatannya sendiri di mulai pada Juni 2016 hingga foto - foto-nya yang cantik tersebar di sosial media kampung ini menjadi terkenal seperti sekarang ini. 



Spot Foto Keren di Kampung Warna - Warni Jodipan




Spot Foto Cantik Kampung Jodipan


Nah tentu saja dengan berbagai hal keren serta nilai artistik yang ada juga menjadi ladang segar untuk membuat foto - foto berkualitas, banyaknya gradiasi warna yang cantik bakal membuat foto kamu terlihat mewah dan meriah. ataupun kamu ingin berfoto di ikon baru Kampung Warna - Warni yaitu Jembatan Kaca-nya pun tidak masalah dengan warna kuning emas yang mewah bakal membuat foto yang indah juga. ataupun ingin berfoto di bawah lindungan payung berbagai warna juga sepertinya keren jadi tidak ada yang tidak bisa di gunakan spot foto di sini guys.

Jika kamu sudah puas dengan penuh warna - warni yang indah kamu bisa juga berkunjung ke kampung tetangga yang bernuansa Monochrome, dengan ciri khas klub bola asal Malang yaitu Arema warna biru menghiasi setiap sudut spot Kampung Biru Arema. lokasi spot ini tidak terlalu jauh yaitu letaknya berada di Kelurahan Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang. untuk masuk ke sini kamu perlu membayar tiket sebesar Rp. 2.500 saja guys.



Sudut Kampung Jodipan


Lokasi Kampung Warna - Warni Jodipan




Jembatan Kaca Kampung Jodipan


Lokasi dari Kampung Warna - Warni Jodipan ini sesuai namanya yaitu berada di Gang 1, Jodipan, Kelurahan Kesatrian, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. lokasinya di samping sungai Brantas dan jika kamu sebelumnya berada di Kampung Tridi kamu bisa menyebrang ke Kampung Warna - Warni menggunakan Jembatan Kaca ini. Buat yang pengen lebih jelas kamu bisa juga melihat peta karena lokasi wisata ini sudah tercantum kok di peta.






Rute ke Kampung Warna - Warni Jodipan




Kampung Warna Jodipan


Dengan jarak tempuh dari alun - alun kota Malang sekitar 2 kilometer kamu bisa dengan mudah untuk sampai ke Kampung Warna - Warni Jodipan ini guys jika kamu dari alun - alun kota kamu bisa bertanya ke warga sekitar pasti akan di tunjukan tempatnya.

Nah buat kamu yang naik kendaraan umum seperti angkot, kamu bisa memulainya dari Terminal Arjosari lalu pilih angkot yang berkode nama AL, ADL, atau AJG. saya sarankan naik AJG karena kamu akan melewati depan langsung Kampung Warna - Warni ini.

Kalau tidak ada kamu bisa juga menggunakan AL atau ADL kamu harus turun di Stasiun Kota Baru Malang, dari Stasiun kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki ke arah kiri yaitu jalan Trunojoyo kurang lebih 700 meter kamu akan bertemu SPBU yang berada di kanan jalan tidak berselang lama juga kamu akan sampai di perempatan lalu belok kanan kampung warna - warni tepat di depan mata karena kamu sudah bisa melihat gapura-nya.


Harga Tiket Kampung Warna - Warni Jodipan




Spot Jembatan Kaca Jodipan


Untuk harga tiket masuk ke Kampung Warna - Warni bisa di bilang cukup murah guys karena kamu hanya di kenakan biaya Rp. 2000 saja ini di kenakan jika kamu dari Kampung Tridi yang ingin menuju ke Kampung Warna - Warni baik naik ataupun turun, untuk biaya parkir sebesar Rp. 2000 untuk motor dan Rp. 5000 untuk mobil. jika kamu pergi secara rombongan dan menggunakan bus biaya parkir di kenakan Rp. 15.000 - Rp 25.000.

Gimana? Sudah bikin rencana ke sini belum?
loading...
loading...
Comments


EmoticonEmoticon